Oleh: RDL & FE

Jika ada yang bertanya apa salah satu makanan favorit orang Aceh, maka jawabannya 90% adalah makanan olahan ikan. Mengapa? Karena Aceh merupakan daerah pesisir, jadi tentu saja ikan merupakan makanan yang sangat sering dijumpai di meja makan orang Aceh.

baca juga : oleh oleh khas Aceh

Lalu, apa yang terlintas di pikiran Anda jika mendengar sebutan ikan kayu? Apakah ikan yang kerasnya seperti kayu? Ikan yang warnanya coklat seperti kayu? Atau ikan yang terbuat dari kayu? Wah..bisa gawat kalau memang ada ikan yang terbuat dari kayu ya.

Ikan kayu adalah salah satu produk olahan ikan khas Aceh yang menjadi bahan baku utama dalam membuat Keumamah. Ikan yang digunakan untuk dijadikan Keumamah adalah jenis ikan tongkol kecil. Pengolahan ikan kayu secara umum dimulai dari membersihkan ikan, merebus dan kemudian menjemur ikan hingga kering. Selanjutnya, ikan melalui proses pengasapan agar (lebih) tahan lama.

baca juga : Jasa Pembuatan Website Aceh

This image has an empty alt attribute; its file name is image-3.png

Gambar 1. Ikan tongkol segar ukuran kecil (dok: Ana Mutia)

baca juga : Paket Wisata termurah di Aceh

This image has an empty alt attribute; its file name is image-4.png

Gambar 2. Ikan tongkol yang sudah dibersihkan (dok: Ana Mutia)

baca juga : bisnis kopi gayo terbaik, termurah, terpercaya

This image has an empty alt attribute; its file name is image-5.png

Gambar 3. Penjemuran (pengeringan) ikan tongkol (dok: Ana Mutia)

baca juga : memulai bisnis kopi luwak

This image has an empty alt attribute; its file name is image-6.png

Gambar 4. Ikan tongkol yang sudah menjadi ikan kayu (dok: Ana Mutia)

baca juga : pusat wallpaper & desain interior di Aceh

Ikan kayu yang disulap menjadi Keumamah biasanya diracik dengan berbagai bumbu lokal sehingga menghadirkan cita rasa yang khas. Dalam hal penggunaan bumbu, jika Anda berkeliling Aceh, Anda akan menjumpai bahwa Keumamah tiap-tiap daerah akan berbeda. Ini adalah kearifan lokal yang menggambarkan karakter masyarakat, topologi daerah, dan sumber daya alam daerah tersebut.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-7.png

Keumamah a.k.a ikan kayu masak aceh (dok: Fitriani Samidan)

baca juga : solusi tepat dengan bimbel aceh

Jika menilik sejarahnya, Keumamah sudah menjadi bagian dari budaya Aceh sejak jaman melawan penjajah. Karena kondisi para pejuang Aceh yang harus bergerilya dan bersembunyi dari penjajah pada saat itu, Keumamah menjadi salah satu solusi logistik yang bernutrisi, enak, dan tahan lama. Kebiasaan ini terus melekat pada diri masyarakat Aceh hingga sekarang. Karena sifatnya yang tahan lama, membuat makanan ini semakin di hangatkan semakin berasa bumbunya.

Keumamah sebenarnya adalah makanan keseharian masyarakat Aceh. Namun, seiring dengan ekspos yang diberikan oleh media dan promosi yang dilakukan secara intensif, Keumamah kini sudah menjadi salah satu produk unggulan di Aceh terutama dalam program OVOP (One Village One Product) Banda Aceh.

baca juga : Era Revolusi Industri 4.0 dan peran Farmasi

Seiring meningkatnya permintaan, industri pengolahan Keumamah saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi dan mendukung produksi serta telah memenuhi berbagai standard yang telah ditetapkan sesuai regulasi.

Dewasa ini, karena terbuat dari ikan kering/asap dan seringkali dimasak hingga matang sempurna, Keumamah menjadi alternatif makanan untuk dibawa pada saat berlibur atau menjadi oleh-oleh saat berkunjung ke Aceh. Produk-produk Keumamah yang telah memilik sertifikat dan dikemas secara menarik sudah dapat Anda temui diberbagai gerai oleh-oleh khas Aceh. Jika Anda berkesempatan ke Aceh, jangan lupa mencicipi kelezatan dari hidangan Keumamah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here